Reaktor Nuklir Bom Nuklir

Reaktor Nuklir, Bom Nuklir, dan PLTN

Bismillah.Pada kesempatan kali ini penulis ingin menjelaskan tentang kesamaan dan perbedaan antara Reaktor Nuklir dengan Bom Nuklir, Prinsip Kerja PLTN, dan manfaat nuklir pada bidang industri, kesehatan, dan pangan secara umum.nuklir

Nuklir adalah sesuatu yang berhubungan dengan perubahan atom baik penggabungan (fusi) ataupun pemecahan/pembelahan (fisi) yang diikuti dengan munculnya materi alfa (inti helium), materi beta (elektron cepat) ataupun sinar gamma (gelombang spektrum frekuensi tertinggi) dan dihasilkan energi panas.

1 gram uranium energinya sama besarnya dengan 14 barel minyak atau 2,3 Ton batubara.

Nah, baik pada reaktor nuklir yang bisa dipakai untuk PLTN maupun bom atom, keduanya memanfaatkan reaksi pembelahan atom (fisi).
Prosesnya, atom uranium ditembak dengan neutron untuk mengawali reaksi berantai, yaitu atom uranium nya akan membelah menjadi atom baru dan diikuti timbulnya energi panas serta muncul 2-3 neutron baru. Nah neutron baru ini akan menumbuk atom uranium yang lain dan prosesnya berulang sampai energi panas dan jumlah neutron nya berlipat ganda.

Pada Reaktor Nuklir, reaksi berantainya dikendalikan dengan adanya moderator (air) dan batang kendali (hafnium, boron) yang berfungsi untuk menyerap neutron sehingga jumlah neutron yang dihasilkan dari reaksi fisi bisa dikendalikan dan energi panas yang dihasilkan bisa dijaga konstan.

Sedangkan pada bom atom tidak ada batang kendali sehingga jumlah neutronnya berlipat ganda terus dan begitu pula energi panas yang dihasilkan hingga mencapai massa superkritis (Implosion) kemudian bahan kimianya meledak dan terjadilah ledakkan nuklir (Explosion)

bom nuklir

Seperti itulah penjelasan tentang reaktor nuklir dan bom nuklir secara singkat. Kalau saat sekarang reaktor nuklir sudah sangat berkembang. Reaktor pun dibedakan menjadi berbagai jenis seperti reaktor breeder yang digunakan untuk memproduksi neutron, kemudian ada reaktor daya yang digunakan dalam PLTN, dan reaktor penelitian seperti yang sudah ada di BATAN Bandung, Serpong, dan Yogyakarta. Sedangkan bom nuklir juga sudah ada beragam jenisnya. Seperti bom hidrogen, bom implosion, gun type weapon, fusion bomb dan lainnya.

Sedangkan pada PLTN, reaktor sendiri sekarang sudah memasuki IV generation, kalau dulu hanya ada PWR (Pressurizes Water Reactor) dan BWR (Boiling Water Reactor) sekarang sudah ada VHTR (Very High Temperature Reactor), SFR (Sodium-cooled Fast Reactor) SCWR (Supercritical Water Reactor), Molten Salt Reactor, dan lainnya.reaktor nuklir

Prinsip dasar kerja PLTN menggunakan reaktor nuklir untuk produksi energi panas yang digunakan untuk memanaskan air yang memutar turbin dan bersambung ke generator. Jika anda belum pernah melihat teras reaktor secara langsung, bayangkan saja anda melihat sumur yang dalam. Di dalam sumur itu ada air untuk sirkulasi panas dan bahan bakar nuklirnya berada di dasar sumur berbentuk silinder yang jumlahnya amat banyak sekitar ratusan.

Namun jangan salah, nuklir selain untuk bidang energi juga memiliki banyak manfaat di berbagai bidang lainnya:
1. Industri (Mengetahui densitas batuan pada pengeboran minyak ataupun tambang, mengetahui kebocoran pipa, memperkuat struktur kayu)
2. Kesehatan (Membunuh sel tumor, x ray, cek organ tubuh, sterilisasi alat medis)
3. Pangan (Tumbuhan varietas unggul, sterilisasi makanan seperti buah dan sayur agar tahan lama)

Maka jangan terburu-buru negative thinking jika mendengar tentang nuklir. Karena nuklir memiliki banyak manfaat di berbagai bidang.

Muhammad Firdaus – Yogyakarta, 17 Juni 2016

Share
6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *