Biografi Singkat Penulis (Muhammad Firdaus)

Penulis adalah seorang cendikiawan islam yang alhamdulillah mendapat hidayah dari Allah Ta’ala untuk mengenal dakwah sunnah sejak kelas 2 SMA, dan tetap istiqomah sampai sekarang menjadi mahasiswa tingkat akhir S1 Teknik Nuklir UGM.

Penulis masih bergabung dengan Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari Yogyakarta (YPIA) [ypia.or.id] (2013-sekarang) yang mengelola website islam terpopuler nomor 1 di indonesia: www.muslim.or.id, serta beberapa website populer lainnya seperti: www.muslimah.or.id, www.pedulimuslim.com, www.badaronline.com, www.radiomuslim.com dan lain-lain.

Penulis sempat menjabat di YPIA di divisi Media, sebagai ketua pelaksana Buletin At Tauhid dan admin buletin.muslim.or.id selama kurang lebih 3 Tahun (2013-2016). Penulis pernah ikut belajar di Mahad Umar Bin Khattab [www.mahadumar.id] kelas muyassar, mukhtarot, mulakhosh, dan baca kitab, juga mengikuti Mahad Al-Ilmi Yogyakarta [www.mahadilmi.id] (2015-2016). Penulis pernah menjadi Bendahara Semarak Ramadhan YPIA (2015), Bendahara Koran Uleenuha (2014), Wakil Ketua wisma muslim Pondok Misfallah Tholabul Ilmi (MTI) [wisma.muslim.or.id] (2015)

Dalam bidang Al-Qur’an penulis pernah mengikuti Program Kampus Tahfizh [fb.com/kampustahfizh] Tahsin Dasar, Tahsin Lanjutan, dan Tahfizh.

Dalam dunia tulis menulis, saat SMA awal penulis mengenal dakwah salaf, penulis sempat membuat blog taubatmaksiat.blogspot.co.id. Blog tersebut terakhir update Januari 2015, namun sampai sekarang alhamdulillah pengunjungnya masih cukup banyak sekitar 150 pengunjung tiap harinya.
Penulis sampai sekarang ini tergabung sebagai kader dari Komunitas Ilmuwan Dan Profesional Muslim Indonesia (KIPMI) (muda.kipmi.or.id) divisi pengembangan akhlaq dan etika, serta aktif menulis artikel untuk www.kipmi.or.id. KIPMI tersebut berisi para cendikiawan islam yang sudah mengenal dakwah salaf baik dari kalangan Mahasiswa, Dosen, Rektor, Ilmuwan, Ustadz, dan para Profesional di bidang masing masing.

Beberapa ustadz yang penulis pernah menimba ilmu darinya secara langsung:

  1. Ust. Abdullah Hadrami
  2. Ust. Aris Munandar M.Si
  3. Ust. Abduh Tuasikal S.T., M.Sc
  4. Ust. Afifi Abdul Wadud BA.
  5. Ust. Zaid Susanto Lc.
  6. Ust. Abu Salman
  7. Ust. Ari Wahyudi

Hafidzahumullahu Ta’ala (Semoga Allah Ta’ala menjaga mereka semua)

Dalam bidang akademik, penulis sejak SMP sampai Sekarang sudah puluhan kali mengikuti Olimpiade Sains Fisika. Pernah beberapa kali mendapatkan juara, di antaranya Juara 1 Olimpiade Fisika OSN Pertamina se Provinsi Yogyakarta (2014) , Juara 1 Olimpiade Fisika Universitas Kanjuruhan Malang (2009), Juara 3 Olimpiade Fisika Primagama Se Jawa Timur (2009), Juara 3 Olimpiade Fisika “Indonesia Cerdas” Jawa Pos Se Indonesia (2010), Juara 1 Try Out UNAS Jawa Pos Radar Malang (2013). Penulis saat memasuki perguruan tinngi mendapat nilai SBMPTN tulis tertinggi se Fakultas Teknik UGM (2013)
Penulis juga pernah mendapatkan beasiswa dari Sampoerna Foundation (Dulu penulis belum tahu bahwa sumber dana dari rokok dan bank adalah haram) untuk sekolah SMA gratis sampai lulus yang diseleksi dari siswa-siswa di semua kota & kabupaten di Jawa Timur.
Penulis Pernah ikut pertukaran pelajar AFS YES selama 1 tahun (2011-2012) di Michigan, Amerika Serikat, yang bertujuan untuk mengenalkan Ajaran Agama Islam pada masyarakat Amerika.

Sedangkan guru dan dosen dari penulis di bidang akademik diantaranya:

  1. Drs. Mashadi Rahimahullah
  2. Novika Fajarini S.Si
  3. Dra. Prayuwati
  4. Drs. Sudibyo Glendoh
  5. Mr. Gerard Gestler
  6. Mrs. Jennifer Shattuck
  7. Sra. Teresa Laskowski
  8. Mrs. Mary Osmer
  9. Nopriadi Hermani Ph.D
  10. Ahmad Agus Setiawan Ph.D
  11. Alexander Agung M.Eng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *