Perekrutan Pengurus Baru Muslim Ilmiah

Pengurus Muslim Ilmiah membuka perekrutan Pengurus Baru Muslim Ilmiah. Perekrutan ini terbuka untuk umum, siapapun boleh mendaftar. Untuk sementara ini Muslim Ilmiah baru membuka perekrutan pengurus yang mau membantu secara sukarela hanya mengharapkan ridha Allah Ta’ala.Perekrutan Pengurus Baru Muslim Ilmiah

Pembaca bisa memilih bergabung sebagai WRITER / PENULIS ARTIKEL baik artikel di bidang SAINS, SOSIAL, BAHASA, dan tentunya bidang AGAMA, atau bisa juga KOLABORASI KOMBINASI berbagai BIDANG. Pembaca juga bisa mendaftar sebagai ADMIN PENGURUS WEBSITE, dan bisa juga sebagai ADMIN PENGURUS AKUN MEDIA SOSIAL (Facebook, Twitter, What’s App, Line, Instagram, dan sebagainya).

Bagi yang tertarik untuk mendaftar sebagai WRITER / PENULIS ARTIKEL di bidang AGAMA Bisa menulis artikel mengenai:
Tauhid, Aqidah, Manhaj, Akhlaq, Fiqih, Ushul Fiqih, Al Qur’an, Hadits, Syirik, Bid’ah, Maksiat, Tazkiyatun Nafs/pembersihan hati, Sejarah Islam, Motivasi Islami, Bahasa Arab, Biografi Ulama, Kisah Nyata Islami, Info Islami, Referensi Kitab, Referensi website, Dakwah di Indonesia, Ulama/Ustadz di Indonesia, Kajian MP3 Islami, Video Islami, Download Islami, atau pun Gambar Islami. Juga bisa memilih topik yang tidak disebutkan disini asalkan relevan

Bagi yang tertarik untuk mendaftar sebagai WRITER / PENULIS ARTIKEL di bidang NON AGAMA, atau mau KOLABORASI BIDANG, bisa menulis artikel mengenai:

Ilmu Pengetahuan bidang apapun (Ilmu Pengetahuan Alam seperti fisika, matematika, kimia, biologi, komputer, astronomi dan lain lain. Ilmu Sosial seperti Sosiologi, Geografi, Ekonomi, Sejarah, dll. Maupun Ilmu Bahasa (Inggris, Mandarin, Spanyol, Jepang, Perancis, Itali, dll), Teknologi, Kreatifitas, Sejarah sains, Ilmuwan Sains, Motivasi Ilmiah, Biografi Ilmuwan, Kisah Ilmiah, Info Ilmiah, Referensi Ilmiah, perkembangan sains, kajian MP3 ilmiah, Video Ilmiah, Gambar Ilmiah, Download Ilmiah

Bagi yang mendaftar sebagai ADMIN MEDIA SOSIAL akan diberikan pelatihan dari dasar hingga bisa.

Namun tentunya ada seleksi terlebih dahulu bagi semua pendaftar, baik penulis artikel, pengurus website, maupun admin media sosial.

Cara Mendaftar Perekrutan Pengurus Baru Muslim Ilmiah

Jika pembaca tertarik untuk mengambil peran untuk membantu dakwah Muslim Ilmiah dan ingin mendaftar sebagai pengurus baik sebagai penulis artikel (Sains, Sosial, Bahasa, atau Agama Islam), admin website (muslimilmiah.com), atau admin fanpage (Facebook, Twitter, WA, Line, Telegram, Instagram) secara sukarela. Silakan bisa mendaftar dengan cara mengirimkan CV / Biografi singkat (contoh:muslimilmiah.com/perihal) ke pengurusmuslimilmiah@gmail.com lalu konfirmasi sudah mengirimkan dengan cara SMS atau WA ke 085888365977. Dengan format: “Nama” + “Peran yang ingin dipilih”. Bagi akhowat bisa menggunakan nama kunyah.

Mari sebarkan dakwah ilmiah ajaran islam yang berpegang teguh pada Al Qur’an dan As Sunnah dengan pemahaman Salafush Shalih. Ahlus sunnah wal jamaah Manhaj Salaf, sekaligus mencerdaskan bangsa di bidang sains.

Rincian Tugas Masing Masing Peran

  1. Pengurus Website Muslim Ilmiah:
    • Penulis Artikel

tugas: Menulis artikel baik secara rutin maupun sesekali mengenai :

1.1.1. Ajaran Islam

Bisa mengenai: Tauhid, Aqidah, Manhaj, Akhlaq, Fiqih, Ushul Fiqih, Al Qur’an, Hadits, Syirik, Bid’ah, Maksiat, Tazkiyatun Nafs/pembersihan hati, Sejarah Islam, Motivasi Islami, Bahasa Arab, Biografi Ulama, Kisah Nyata Islami, Info Islami, Referensi Kitab, Referensi website, Dakwah di Indonesia, Ulama/Ustadz di Indonesia, Kajian MP3 Islami, Video Islami, Download Islami, atau pun Gambar Islami.

Penulis mengutamakan bagi yang sudah bisa baca arab gundul dan terbiasa mengutip tulisan dari kitab-kitab ulama, memiliki banyak hafalan Al-Qur’an dan memahami makna yang dihafal, memiliki banyak pengetahuan / hafalan hadits, sering dan sudah sejak lama mengikuti pengajian sunnah manhaj salaf baik secara langsung maupun melalui rekaman kajian, serta bagi yang sudah lulus / sedang mengikuti pembelajaran di Pondok atau Sekolah Sunnah dan sudah ditempuh dalam jangka waktu yang lama.

Namun tidak perlu berkecil hati bagi yang merasa belum bisa memenuhi kriteria di atas. Karena tidak ada larangan bagi siapun untuk mendaftar bergabung menjadi penulis artikel tentang ajaran islam. Karena bagaimanapun juga kebenaran adalah kebenaran walau siapapun yang menyampaikan.

Artikel yang ditulis juga tidak harus membahas masalah tingkat tinggi, pelik atau terjadi khilafiyyah (adanya perbedaan pendapat di kalangan ulama). Cukup pada masalah yang benar-benar sudah dipahami saja.

1.1.2. Tentang ilmu pengetahuan ataupun dikombinasi dengan ajaran Islam

Bisa mengenai: Ilmu Pengetahuan bidang apapun (Ilmu Pengetahuan Alam seperti fisika, matematika, kimia, biologi, komputer, astronomi dan lain lain. Ilmu Sosial seperti Sosiologi, Geografi, Ekonomi, Sejarah, dll. Maupun Ilmu Bahasa (Inggris, Mandarin, Spanyol, Jepang, Perancis, Itali, dll), Teknologi, Kreatifitas, Sejarah sains, Ilmuwan Sains, Motivasi Ilmiah, Biografi Ilmuwan, Kisah Ilmiah, Info Ilmiah, Referensi Ilmiah, perkembangan sains, kajian MP3 ilmiah, Video Ilmiah, Gambar Ilmiah, Download Ilmiah

Penulis mengutamakan bagi yang sudah lulus atau sedang menempuh studi di tingkat universitas dan menulis artikel sesuai bidang jurusan kuliah yang diambil, kemudian bagi yang sudah bekerja dan memahami pekerjaan yang dia lakukan dengan baik, juga bagi yang senang mengikuti perkembangan suatu teknologi tertentu atau memiliki banyak kreatifitas.

Namun tidak perlu berkecil hati bagi yang merasa belum bisa memenuhi kriteria di atas. Karena tidak ada larangan bagi siapun untuk mendaftar bergabung menjadi penulis artikel tentang ajaran ilmu pengetahuan. Karena bagaimanapun juga kebenaran adalah kebenaran walau siapapun yang menyampaikan.

Artikel yang ditulis juga tidak harus membahas masalah yang tingkat tinggi, pelik atau masih diperdebatkan oleh para ilmuwan. Cukup pada masalah yang benar-benar sudah dipahami saja.

1.2. Desainer Web

tugas: Mendesain Tema dan Tampilan website, Menjadikan website tampak menarik dipandang namun tetap fungsional, mendesain gambar yang ditampilkan pada postingan

1.3. Ahli SEO (Search Engine Optimization)

tugas: Menjadikan bagaimana caranya website memiliki ranking tinggi pada pencarian search engine seperti Google, Yahoo, Bing, Yufid

1.4. Hosting and Website Maintenance

tugas: mengurus masalah hosting bagaimana agar murah, namun tetap aman, bisa mem-back up data jika terjadi kerusakan, memastikan website kompatibel di semua browser, mengganti broken link & images, troubleshooting fungsi website, mengatur agar loading time cepat, mengurus komentar, saran, kritik, dan komplain

1.5. Programmer

tugas: mengurus masalah koding, plug in, fitur, keamanan website dari hacking, spam dan virus

1.6. Marketing

tugas: mengurus Muslim Ilmiah store, mengurus iklan, dan mengurus transaksi keuangan website

 

  1. Pengurus Media Sosial Muslim Ilmiah:

2.1. Admin Fanpage Facebook, Twitter, Instagram, Whats App, Telegram dan media sosial lainnya

Diutamakan bagi yang sudah menjadi admin suatu organisasi di media sosial, atau yang merasa aktif sekali pada media sosial tersebut. Namun tidak masalah jika belum mempunyai pengalaman akan diberikan pelatihan dari dasar hingga bisa oleh Penulis.

2.2. Desainer/Ilustrator Gambar Islami maupun Ilmiah

2.3. Marketing media sosial, mengatur bagaimana agar media sosial mendapatkan banyak like dan follower, serta menjual produk Muslim Ilmiah Store.

Membantu Walau Tidak Menjadi Pengurus

  1. Donatur, baik rutin maupun sesekali

Untuk berdonasi membantu perkembangan dakwah Muslim Ilmiah yang berlandaskan Al Qur’an dan As Sunnah dengan pemahaman salafush shalih ini, bisa melalui rekening:

BNI: No.Rekening: 0225-3002-37

a.n. M. Aditya Nuril Firdaus

atau

Mandiri: No.Rekeninng: 140-00-105-171-84

a.n. Dislan

Lalu konfirmasi melalui SMS ke 085888365977. Kami ucapkan Jazakallahu khairan wa Barokallahu Fiikum bagi yang telah berdonasi.

  1. Me- like Fanpage Muslim Ilmiah (fb.com/muslimilmiah) dan me-like serta share postingan dari Muslim Ilmiah.

Kami juga ucapkan jazakumullahu khairan katsiron bagi Sahabat Muslim Ilmiah sekalian yang telah me-like dan fanpage Muslim Ilmiah dan agar dakwah islam yang berlandasan ilmiah dan merupakan jalan islam yang lurus, yang didakwahkan oleh Muslim Ilmiah sekalian bisa berkembang menyebar ke seluruh pelosok indonesia, bahkan dunia. Kami dari Pengurus Muslim Ilmiah ingin meminta tolong pada shahabat sekalian untuk me-share Status, Gambar, ataupun Link yang Muslim Ilmiah posting.

  1. Mengirimkan artikel yang sudah jadi atau menyumbang ide tentang bahasan yang ingin dimuat di website dan Fanpage Muslim Ilmiah, melalui menuliskan di halaman utama fanpage atau Message FB Fanpage, atau SMS/WA ke nomor 085888365977

Bagi yang ingin mendapat Broadcast Whats App/WA harian sharing tentang Ilmu Islam dari Muslim Ilmiah. Silakan add contact admin di: 085888365977,lalu chat ke WA tersebut dengan format “Daftar”.

4. Mengirimkan kalimat dukungan, tanggapan, ide, tambahan, kritik, saran, sanggahan, bantahan, dan segala bentuk komentar komentar yang membangun, baik ke kontak WA, SMS, maupun melaui Fanpage FB.

Mari Bantu Muslim Ilmiah

Karena itu penulis ingin meminta tolong pada pembaca sekalian untuk bisa andil, membantu dakwah ilmiah ini, membantu menyebarkan ajaran islam dan ilmu pengetahuan pada masyarakat indonesia bahkan dunia. Mari kita bantu menyebarkan dakwah dan ilmu sebisa kita, sesuai kemampuan yang kita miliki. Mari kita tolong agama Allah. Mari kita menjadi perantara sampainya hidayah bagi orang lain. Mari kita menjadi muslim yang paling baik yaitu muslim yang bisa bermanfaat bagi orang lain.

 

Mari Menyebarkan Ilmu dan Dakwah Sesuai Kemampuan Kita

Allah Ta’ala berfirman:

وَالْعَصْرِ(1) إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ(2) إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ (3)

Artinya: “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran.” (Al Ashr: 1-3)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

Artinya: “Barangsiapa yang menunjukkan kepada sebuah kebaikan maka baginya seperti pahala pelakunya.” (HR. Muslim)

{قُلْ هَذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللَّهِ عَلَى بَصِيرَةٍ أَنَا وَمَنِ اتَّبَعَنِي وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ } [يوسف: 108]

 

Katakanlah: “Inilah jalanku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik.” (Yusuf 108)
Allah Azza wa Jalla memuji para pendakwah:

{وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِمَّنْ دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ } [فصلت: 33]

Artinya: “Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri?” (Fushilat: 33)

 

Mari kita menjadi perantara sampainya hidayah bagi orang lain

Sesungguhnya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda pada shahabat Ali bin Abi Thalib mengenai metode berdakwah dan keutamaan menjadi perantara sampainya hidayah bagi orang lain:

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jalanlah perlahan-lahan ke depan hingga kalian sampai di tengah-tengah mereka. Kemudian dakwahilah mereka pada Islam dan kabari mereka tentang perkara-perkara yang wajib. Demi Allah, sungguh jika Allah memberi hidayah pada seseorang lewat perantaraanmu, maka itu lebih baik dari unta merah.” (HR. Bukhari no. 3009 dan Muslim no. 2407).
“Yang dimaksudkan dalam hadits tersebut adalah unta merah.Unta tersebut adalah harta teristimewa di kalangan orang Arab kala itu. Di sini Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjadikan unta merah sebagai permisalah untuk mengungkapkan berharganya (mulianya) suatu perbuatan. Dan memang tidak ada harta yang lebih istimewa dari unta merah kala itu. Sebagaimana pernah dijelaskan bahwa permisalan suatu perkara akhirat dengan keuntungan dunia, ini hanyalah untuk mendekatkan pemahaman (agar mudah paham). Namun tentu saja balasan di akhirat itu lebih besar dari kenikmatan dunia yang ada. Demikianlah maksud dari setiap gambaran yang biasa disebutkan dalam hadits. Dalam hadits ini terdapat pelajaran tentang keutamaan ilmu. Juga dalam hadits tersebut dijelaskan keutamaan seseorang yang mengajak pada kebaikan. Begitu pula hadits itu menjelaskan keutamaan menyebarkan sunnah (ajaran Islam) yang baik.” (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim bin Al Hajjaj, Dar Ihya’ At Turots, cetakan kedua, 1392, 15/178)

 

Mari Kita Membantu Menghilangkan Kesusahan dan Membantu Sesama Muslim

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allâh melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat. Barangsiapa memudahkan (urusan) orang yang kesulitan (dalam masalah hutang), maka Allâh Azza wa Jalla memudahkan baginya (dari kesulitan) di dunia dan akhirat. Barangsiapa menutupi (aib) seorang Muslim, maka Allâh akan menutup (aib)nya di dunia dan akhirat. Allâh senantiasa menolong seorang hamba selama hamba tersebut menolong saudaranya.

 

Dan Tahukah Anda Siapa Manusia Yang Paling Dicintai Oleh Allah ?

Dari Ibnu ‘Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling memberikan manfaat bagi manusia. Adapun amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah membuat muslim yang lain bahagia, mengangkat kesusahan dari orang lain, membayarkan utangnya atau menghilangkan rasa laparnya. Sungguh aku berjalan bersama saudaraku yang muslim untuk sebuah keperluan lebih aku cintai daripada beri’tikaf di masjid ini -masjid Nabawi- selama sebulan penuh.” (HR. Thabrani di dalam Al Mu’jam Al Kabir no. 13280, 12: 453. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan sebagaimana disebutkan dalam Shahih Al Jaami’ no. 176).

Penutup

Sebagai Penutup penulis ingin mengulang sekali lagi bahwa penulis ingin meminta tolong pada pembaca sekalian untuk bisa andil, membantu dakwah ilmiah ini, membantu menyebarkan ajaran islam dan ilmu pengetahuan pada masyarakat indonesia bahkan dunia. Mari kita bantu menyebarkan dakwah dan ilmu sebisa kita, sesuai kemampuan yang kita miliki. Mari kita tolong agama Allah. Mari kita menjadi perantara sampainya hidayah bagi orang lain. Mari kita menjadi muslim yang paling baik yaitu muslim yang bisa bermanfaat bagi orang lain.

Penulis ingin mengingatkan sekali lagi akan keutamaan berdakwah dan menjadi perantara pemberi hidayah bagi orang lain

Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jalanlah perlahan-lahan ke depan hingga kalian sampai di tengah-tengah mereka. Kemudian dakwahilah mereka pada Islam dan kabari mereka tentang perkara-perkara yang wajib. Demi Allah, sungguh jika Allah memberi hidayah pada seseorang lewat perantaraanmu, maka itu lebih baik dari unta merah.” (HR. Bukhari no. 3009 dan Muslim no. 2407).

Referensi

Berikut artikel rujukan penulis:

Artikel Rujukan:

  1. https://muslim.or.id/8283-ayo-berdakwah.html
  2. https://rumaysho.com/1271-lebih-sekedar-dari-unta-merah.html
  3. https://almanhaj.or.id/3595-membantu-kesulitan-sesama-muslim-dan-menuntut-ilmu-jalan-menuju-surga-1.html
  4. https://www.divisionx.com/wp/professional-webmaster/
  5. http://www.mequoda.com/articles/multiplatform-publishing-strategy/6-elements-of-the-best-webmaster-job-description/
Share
6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *